Cii Jail Media - Bagaimana cara Facebook memeroleh pendapatan? Satu jawaban yang pasti
yakni melalui pintu iklan. Namun tahukah Anda iklan yang ada di Facebook
memiliki tipe yang beragam? Nah berikut cara Facebook mengeruk
pendapatan dari penggunanya.
1. Cerita bersponsor (Sponsored Stories)
Facebook
merilis fitur ini pada tahun 2011 lalu. Tahukah Anda dari fitur iklan
ini Facebook bisa meraup pendapatan hingga USD 1 juta per hari? Wow,
angka yang fantastis. Namun Facebook berkali-kali terjungkal akibat
gugatan pengguna yang keberatan bilamana nama dan gambar mereka
digunakan dalam iklan.
2. Iklan mobile di aplikasi Facebook
Tak
hanya getol di web, iklan juga bersliweran di aplikasi Facebook mobile.
Fitur iklan ini dirilis pada pertengahan tahun 2012. Pada kuartal
ketiga tahun ini – hanya beberapa bulan setelah Facebook meluncurkan
model iklan tersebut – mereka mampu menghasilkan USD 139 juta dari iklan
mobile atau 14% dari total pendapatan iklan.
3. Iklan mobile pihak ketiga
Jangan
kira setelah Anda log out dari Facebook tak akan mendapati iklan
mereka. Bulan September lalu Facebook melakukan pengujian untuk
menempatkan iklan mobile di aplikasi fihak ketiga yang menggunakan data
dan informasi pengguna Facebook. Sejenis ‘pertukaran iklan’ dengan
memromosikan sebuah web atau menyediakan link unduh sebuah aplikasi.
4. Promoted post
Ingin
posting Anda dilihat lebih banyak pengguna? Manfaatkan promoted post.
Tarifnya sangat terjangkau hanya USD 7 atau sekitar Rp 60 ribu. Bilamana
yang menggunakan fitur ini 1 juta pengguna atau 10 juta atau bahkan 100
juta pengguna, tinggal mengalikan saja berapa yang dikantongi Facebook.
5. Facebook Gift
Fitur
ini cukup menarik namun sayangnya hanya tersedia di AS saja.
Diluncurkan pada bulan September lalu pengguna bisa mengirim hadiah
(gift) sungguhan ke teman atau kerabat di Facebook. Lantas berapa
tarifnya? Hanya sekitar USD 5.
6. Pesan berbayar
Fitur ini
memancing kontroversi. Facebook menerapkan tarif di setiap pesan yang
dikirim pengguna ke pengguna tertentu. Dengan USD 1 saja, Anda bisa
mengirimkan pesan Facebook ke pengguna yang tak dikenal sekalipun atau
bahkan pesan ini akan menyasar ke banyak pengguna sekaligus. Sebelumnya
pesan ke pengguna asing akan masuk di folder spam.
7. Video iklan
Dan
inilah fitur yang terakhir. Mulai bulan April 2013, di Facebook web dan
mobile nantinya akan muncul video iklan 15 detik di news feed pengguna.
Parahnya lagi video ini akan auto play atau otomatis dimainkan tanpa
perlu action klik pengguna. Semakin runyam saja bukan monetisasi
Facebook?
0 Komentar di Blogger